My Page

Rabu, 17 Agustus 2011

Dirgahayu RI 66 .. \(^.^)/F

“ 17 Agustus tahun ’45, itulah hari kemerdekaan kita,,
hari merdeka,, nusa dan bangsa,, hari lahirnya bangsa Indonesia,, MMEERRDDEEKKAA..!! “



Horree,, Sekarang nih,, jam 12:11 AM (waktu di laptop aku skrg,, *kucek-kucek mata)
Wah,, Negara kita tercinta ini lagi ulang taun lho,, seneng yah,, ulang taunnya bisa dikenal berjuta orang,, tapi sayang ada yg inget ada jg yg lupa,, ada yg antusias ngerayain,, ada yg males2an,, ada yg ikut ngerasa seneng,, ada jg yg masih larut dalam kesedihan,,

Yahh,, awal-awal sih aku mau ngucapin selamat yaa,, J sekarang Indonesia umur nya udah 66tahun,, kalo di doain semoga tambah dewasa,, (tp umur 66taun kan udah bukan remaja lagi..?!) *hhihi.. gga jadi deh,,
Jadiiii,, aku doain semoga Indonesia bisa “merdeka” J
Yups,, “merdeka atas-bawah,,”
Jadi gga Cuma orang2 di atas aja yg ngerasain merdeka,, tapi juga orang2 bawah udah selayaknya ngerasain kemerdekaan itu,,
Pertanyaan yg sama setiap birthday nya Indonesia nih,,
“Apakah Indonesia udah merdeka??”
Dalam artian sejarah mungkin bisa di bilang “YA”,, tapi ditinjau dari beberapa aspek lainnya,, hmm,, *geleng2 kepala,,
Pengen banget rasanya “memeluk” Indonesia,, ngejaga Negara ini,,
Apa kalian mau Indonesia dijadikan seperti manusia??
Semakin berumur semakin sakit..??
Semakin banyak penyakit korupsi,, ketidakadilan,, kerusuhan,, dll
Kasian kan Indonesia kalo sakit2an kaya gt,, L
Yuk kita obatin Indonesia dari “berbagai macam penyakit,,” J
Indonesia udah ngasih banyak kebaikan buat kita2,, gga sepantasnya kita ngebales semua kebaikan Indonesia sama hal-hal buruk,,
Ga usah jauh2 deh,, malam ini kita bisa tidur pules di atas kasur pun seharusnya bersyukur,, gga harus ngerasain peperangan melawan penjajah,, gga perlu selalu siap sedia bambu runcing di samping tempat tidur,, gga perlu ngerasain kerja rodi asLi,, (kerja rodi palsu = kegalauan anak sekolah yg dikasih banyak tugas.. #tepukjidat)

Satu lg,,
Aku suka merinding kalo denger lagu ini,,
Indonesia …
merah darahku, putih tulangku
bersatu dalam semangatmu
Indonesia …
debar jantungku, getar nadiku
berbaur dalam angan-anganmu
kebyar-kebyar, pelangi jingga
biarpun bumi bergoncang
kau tetap Indonesiaku
andaikan matahari terbit dari barat
kaupun tetap Indonesiaku
tak sebilah pedang yang tajam
dapat palingkan daku darimu
kusingsingkan lengan
rawe-rawe rantas
malang-malang tuntas
denganmu …
Indonesia …
merah darahku, putih tulangku
bersatu dalam semangatmu
Indonesia …
debar jantungku, getar nadiku
berbaur dalam angan-anganmu
kebyar-kebyar, pelangi jingga
Indonesia …
merah darahku, putih tulangku
bersatu dalam semangatmu
Indonesia …
nada laguku, symphoni perteguh
selaras dengan symphonimu

Rasanya kebawa semangat ’45 yg membara,,
*hhehe,, J
Udah jam 1:03 AM nih,,
Waktunya tidur,, :D
Semoga mimpi menang lomba makan udang,, -___- zZz

Jumat, 12 Agustus 2011

-- 8 Makanan Pereda Sakit Kepala --

Ada berbagai jenis sakit kepala dengan tingkat berbeda-beda. Tetapi satu hal yang sama adalah datangnya sakit kepala membuat segala bentuk aktivitas menjadi terganggu.
Sakit kepala adalah gejala dari sejumlah ketidakseimbangan fisik dan mental. Sebagian dari kita biasanya meminum obat anti nyeri untuk meredakannya. Padahal, sebenarnya ada alternatif selain obat yang dapat membantu masalah sakit kepala. Beberapa makanan dan cairan diyakini dapat membantu mengusir rasa sakit di kepala.  Inilah delapan di antaranya :
1. Kentang :  Sakit kepala yang muncul akibat mabuk tak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Maka dari itu, menyantap makanan yang kaya akan kalium dapat membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg.
2. Pisang : Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium dapat meringankan migrain Anda dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit. Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan  cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang. Apricot kering, alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupkan makanan lain yang kaya akan magnesium.
3. Kopi : Kafein dalam kopi bermanfaat sekaligus berbahaya bagi korban sakit kepala. Kafein merupakan zat yang umum dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala karena dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Kafein juga membantu tubuh menyerap obat sakit kepala lebih cepat, sehingga obat tersebut lebih cepat bekerja. Kafein bisa menjadi pereda sakit kepala yang sangat efektif, terutama migrain, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat sakit kepala kembali kambuh. Jadi, dianjurkan untk meminum kopi tidak lebih dari 2 atau 3 cangkir per hari.
4. Biji-biji serelia utuh (whole grain) : Jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Anda akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni  cadangan glikogen. Selain itu juga menjadikan tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak bisa memicu timbulnya sakit kepala. Jika anda mengkonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat seperti (biji-bijian seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya bisa mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood Anda.  
5. Semangka : Dehidrasi adalah penyebab umum timbulnya sakit kepala, maka pertimbangkan untuk meminum banyak air dan mengasup makanan yang kaya akan air (seperti semangka). Buah yang kaya akan air  ini juga mengandung mineral penting, seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala. Anda juga dapat mencoba minuman olahraga berelektrolit jika mungkin mengalami sakit kepala setelah berolahraga dalam waktu yang lama karena kehilangan banyak mineral dalam tubuh.
6. Ikan : Ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan makarel) bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala migrain karena kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega-3 dapat menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya migrain. Jika tidak bisa mengkonsumsi ikan ini setiap hari, tidak perlu khawatir.  Anda dapat mengonsumsi  suplemen minyak ikan dan menambahkan makanan seperti biji rami, walnut, tahu, dan kacang kedelai untuk tambahan omega-3 pada diet Anda.
7. Biji Wijen : Biji wijen kaya akan kandungan vitamin E dan dapat membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama periode Anda. Selain itu, biji wijen juga kaya akan magnesium, yang selanjutnya akan membantu pencegahan sakit kepala. Makanan lain yang mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi antara lain, kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis.  
8. Jahe : Selain menjadi obat untuk mual, jahe memiliki sifat anti-peradangan dan anti-histamin juga berguna untuk memerangi sakit kepala. Masaklah jahe tersebut atau kombinasikan dengan minuman lain seperti teh.

Sumber : Kompas

-- Ketombe (dandruff) --

 

DEFINISI

Ketombe adalah kondisi kronis dimana terjadi kerontokan pada kulit kepala, yang ditandai dengan gatal dan pengelupasan kulit kepala. Meskipun ketombe tidak menular dan jarang yang serius, tetapi hal ini bisa memalukan dan terkadang sulit untuk diobati.

Berita baiknya, ketombe biasanya dapat dikontrol. Pada kasus yang ringan, hanya membutuhkan tidak lebih dari mencuci rambut setiap hari dengan pembersih yang lembut. Pada kasus yang lebih sulit, seringkali membutuhkan sampo medis.

GEJALA

Pada banyak remaja dan orang dewasa, gejala ketombe mudah dilihat yaitu serbuk putih, serpihan kulit mati pada kepala yang berminyak berupa titik-titik pada rambut dan pundak dan terasa gatal.

Jenis ketombe yang disebut cradle cap dapat terkena pada bayi. Penyakit ini, yang menyebabkan kerontokan kulit kepala, adalah yang paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir, tetapi dapat terjadi setiap waktu sampai pada masa kanak-kanak. Meskipun menjadi peringatan bagi orang tua, cradle cap tidak berbahaya dan biasanya hilang seiring dengan waktu. 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Ketombe dapat memiliki beberapa penyebab, yaitu :

•    Kulit kering. Kulit kering adalah banyak penyebab kegatalan dan kerontokan kulit kepala. Serpihan dari kulit kering secara umum lebih kecil dan sedikit berminyak daripada kasus lain dari ketombe.

•    Iritasi, kulit berminyak (seborrheic dermatitis). Kondisi ini sering menyebabkan ketombe. Ditandai dengan kemerahan, kulit berminyak yang tertutup serpihan putih atau sisik kuning. Seborrheic dermatitis berakibat tidak hanya pada kulit kepala tetapi juga area lain yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti alis mata, sisi hidung dan di belakang telinga, dada dan terkadang pada ketiak.

•    Sering tidak menggunakan sampo. Jika anda tidak membersihkan rambut secara teratur, minyak dan sel kulit pada kulit kepala dapat terbentuk, yang menyebabkan ketombe.

•    Psoriaris. Penyakit kulit ini menyebabkan akumulasi sel kulit yang mati membentuk sisik perak. Psoriaris biasanya terjadi pada lutut, siku, dan bagian badan lain, tetapi juga dapat terjadi pada kulit kepala.

•    Eksim. Jika anda memiliki eksim pada kulit kepala, kemungkinan anda akan terkena ketombe.

•    Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut. Terkadang sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau cat rambut dapat menyebabkan kemerahan, gatal, dan kerontokan kulit kepala. Mencuci rambut dengan sampo terlalu sering atau menggunakan terlalu banyak produk untuk rambut juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, yang menyebabkan ketombe.

•    Ragi-seperti jamur (malassezia). Malassezia hidup di kulit kepala pada banyak orang dewasa tanpa menyebabkan masalah. Tapi terkadang jamur ini tumbuh diluar kendali dan memakan minyak yang keluar dari pori-pori kepala. Ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan banyak sel kulit tumbuh. Kelebihan sel kulit akan menyebabkan sebagian sel tersebut mati dan jatuh.

   
Faktor risiko
       
Hampir semua orang memiliki ketombe, tetapi faktor tertentu dapat membuat anda lebih rentan:

•    Usia. Ketombe biasanya dimulai pada saat usia muda. Tapi bagaimanapun juga bukan berarti orang dengan usia lanjut tidak memiliki ketombe. Untuk beberapa orang masalah ini dapat berlanjut untuk waktu yang lama.

•    Laki-laki. Karena lebih banyak laki-laki memiliki ketombe, beberapa ilmuan berpikir hormon laki-laki memiliki peran dalam mengakibatkan ketombe. Laki-laki juga memiliki lebih banyak produksi minyak kulit dan rambut yang berkontribusi menyebabkan ketombe.

•    Rambut dan kulit kepala yang berminyak. Malassezia memakan minyak pada kulit kepala. Untuk alasan itu, memiliki minyak pada kulit dan rambut secara berlebih membuat anda lebih rentan berketombe.

•    Diet yang salah. Jika diet anda kekurangan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B atau lemak jenis tertentu, anda lebih mudah untuk berketombe.


Sumber : Kompas

-- Sakit Kepala Kronis --

 

DEFINISI

Banyak orang memiliki sakit kepala dari waktu ke waktu. Tapi jika anda memiliki sakit kepala lebih dari biasanya, anda mungkin mengalami variasi dari sakit kepala, yaitu sakit kepala kronis harian. Sakit yang tidak henti-hentinya dari sakit kepala kronis harian membuatnya menjadi sakit kepala yang paling membuat tidak berdaya.


GEJALA

Didefinisikan bahwa sakit kepala harian pasti terjadi 15 hari atau lebih dari sebulan, paling tidak tiga bulan. Dan menjadi pemikiran utama dari sakit kepala kronis harian, bahwa penyakit itu juga tidak menghasilkan kondisi yang lain.
Sakit kepala kronis harian diklasifikasikan dengan seberapa lama mereka terasa terakhir kalinya – lebih dari empat jam atau lebih sedikit dari empat jam. Lamanya sakit kepala terakhir yang anda rasakan dapat menunjukkan tipe apa sakit kepala yang anda alami.

•    Migrain kronis
•    Sakit kepala kronis akibat tekanan darah
•    New daily persistent headache
•    Hemicrania continua

Migrain kronis
Sakit kepala ini berkembang dari migraine yang datang tiba-tiba. Untuk dapat terdiagnosis, anda harus memiliki sakit kepala – migraine, sakit kepala akibat tekanan darah atau keduanya – 15 hari atau lebih dalam sebulan, untuk tiga bulan terakhir. Sebagai tambahan, pada delapan hari atau lebih untuk tiga bulan terakhir, anda pasti mengalami gejala berikut.

Sakit kepala anda harus memiliki paling sedikit dua karakteristik berikut:
•    Menyerang hanya pada satu sisi kepala
•    Menyebabkan sakit yang berdenyut
•    Menyebabkan sakit dari yang sedang ke yang parah
•    Menjadi jengkel pada aktifitas fisik yang rutin

Dan gejala itu menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
•    Mual, muntah atau keduanya
•    Sensitif pada cahaya dan suara

Kalau tidak, jika sakit kepala anda merespon pengobatan triptan atau ergot ambil antisipasi gejala tersebut – pada delapan hari atau lebih dalam sebulan atau lebih dalam sebulan pada tiga bulan terakhir – itu juga merupakan migrain kronis.

Sakit kepala kronis akibat ketegangan (tension headache)
Sakit kepala ini berkembang dari sakit kepala akibat ketegangan yang datang tiba-tiba. Sakit kepala ini mungkin terjadi pada jam-jam terakhir atau secara terus menerus.

Sakit kepala kronis akibat ketegangan memiliki paling sedikit dua dari karakteristik berikut:
•    Sakit di kedua sisi kepala
•    Menyebabkan sakit yang ringan sampai sedang
•    Menyebabkan sakit yang terasa ditekan atau mengetat akan tetapi tidak berdenyut
•    Tidak membuat merasa jengkel pada aktifitas fisik rutin

Sebagai tambahan, itu semua menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
•    Sensitif pada suara atau cahaya
•    Mual ringan

New daily persistent headache
Sakit kepala ini menjadi konstan dalam beberapa hari dari pertama kali anda mengalami sakit kepala.
New daily persistent headache paling tidak memiliki dua dari karakteristik berikut :

•    Sakit pada dua sisi kepala
•    Menyebabkan sakit yang terasa seperti ditekan atau mengetat, tapi tidak berdenyut
•    Tidak membuat merasa jengkel pada aktifitas fisik rutin

Sebagai tambahan, itu semua menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
•    Sensitif pada suara atau cahaya
•    Mual ringan

Hemicrania continua
Hemicrania continua sakit kepala ini menyebabkan sakit pada satu sisi kepala yang tidak berpindah sisi. Mereka juga:
•    Harian dan berlanjut dengan periode tanpa rasa bebas dari sakit
•    Menyebabkan sakit yang sedang tapi terasa menusuk ketika parah
•    Merespon resep pereda rasa sakit indomethacin (Indocin)
•    Mungkin terkadang menjadi parah dengan berkembang dengan gejala seperti migrain

Sebagai tambahan, sakit kepala hemicrania continua menyebabkan paling tiba satu dari hal berikut:
•    Keluar air mata atau mata merah sebagai efek samping
•    Nafas sengau atau hidung berair
•    Kelopak mata layu atau penyempitan pupil

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Penyebab sebagian besar sakit kepala kronis harian tidak begitu dimengerti. Yang utama dari sakit kepala kronis harian tidak dapat diidentifikasi berdasarkan kasus. Sakit kepala kronis harian terjadi jika :

•    Anda memiliki respon yang memuncak pada tanda rasa sakit
•    Bagian dari otak anda yang menekan rasa sakit tidak bekerja secara baik

Frekuensi sakit kepala lain mungkin disebabkan berdasarkan penyakit atau kondisi yang berbeda-beda, termasuk:
•    Pembengkakan atau masalah lain pada pembuluh darah dan kisaran otak, termasuk stroke.
•    Infeksi, contohnya meningitis
•    Tekanan pada intracranial baik yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah
•    Tumor otak
•    Cedera trauma pada otak

Banyak orang yang memiliki frekuensi sakit kepala sebenarnya mengalami efek dari terlalu seringnya mengambil pengobatan medis terhadap rasa sakit. Jika anda mengambil pengobatan medis terhadap rasa sakit – bahkan analgesics tanpa resep – lebih dari tiga hari dalam seminggu, anda berisiko mengalami peningkatan sakit kepala.
   
Faktor risiko
       
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan frekuensi sakit kepala adalah:
•    Gelisah
•    Depresi
•    Gangguan tidur
•    Obesitas
•    Mendengkur
•    Berlebihan dalam menggunakan kafein
•    Berlebihan dalam menggunakan obat pereda rasa sakit
•    Secara rutin memakai sesuatu yang membuat ketegangan pada kepala atu leher


Pencegahan

Melindungi diri anda secara baik dapat membantu mencegah sakit kepala kronis harian.

•    Hindari pemicu sakit kepala. Jika anda tidak yakin apa yang memicu sakit kepala, perhatikan sakit kepala harian anda. Termasuk detil dari setiap sakit kepala. Kapan sakit kepala dimulai? Apa yang anda lakukan saat itu? Apa yang anda makan pada hari itu? Berapa lama anda tidur pada malam sebelumnya? Bagaimana tingkat stress anda? Berapa lama sakit kepala yang terakhir? Apa, jika sesuatu, yang menyediakan bantuan? Pada akhirnya, anda dapat memulai untuk melihat polanya – dan ambil langkah yang dapat mencegah sakit kepala berikutnya.

•    Hindari berlebihan dalam menggunakan pengobatan medis. Mengambil pengobatan medis terhadap sakit kepal, termasuk obat tanpa resep, lebih dari dua kali seminggu dapat meningkatkan kehebatan dan frekuensi sakit kepala anda. Jika anda menggunakan pengobatan medis terlalu sering, penting untuk mengkonsultasikan pada dokter anda tentang bagaimana yang terbaik untuk membuat berhenti diri anda dari pengobatan medis tersebut karena dapat memiliki efek samping yang serius jika dilakukan dengan tidak tepat.

•    Tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan enam sampai delapan jam perhari setiap malam. Yang terbaik adalah tidur teratur setiap malam.

•    Jangan melewati waktu makan. Mulai hari anda dengan sarapan yang sehat. Makan siang dan makan malam pada waktu yang sama setiap hari. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein yang dapat memicu sakit kepala.

•    Rutin berolahraga. Aktifitas berolahraga yang rutin dapat memperbaiki fisik dan mental anda. Olahraga juga dapat menolong untuk meredakan stress, Dengan izin dokter, pilih aktifitas yang anda sukai – seperti berjalan, berenang atau bersepeda. Untuk menghindari cedera, mulai dengan perlahan.

•    Kurangi stres. Stres adalah pemicu yang umum dari sakit kepala kronis. Atur dan sederhanakan jadwal anda. Rencanakan. Tetap positif. Banyak sakit kepala disebabkan oleh akhir stress ketika periode stress berakhir.

•    Santai. Cobalah yoga, meditasi atau latihan relaksasi. Atur waktu untuk bersantai sejenak. Dengarkan musik, baca buku atau berendam di air hangat.

•    Kurangi kafein. Beberapa pengobatan medis terhadap sakit kepala menggunakan kafein karena dapat membantu mengurangi sakit kepala, kafein juga dapat memperburuk sakit kepala. Coba untuk mengurangi, atau yang lebih baik hilangkan kafein dari makanan anda. 


Sumber : Kompas

-- Insomnia --

 

DEFINISI

Insomnia adalah sulit tidur atau tetap tertidur. Kondisi ini adalah salah satu dari kondisi yang umum dan banyak dikeluhkan. Dengan kondisi ini anda biasanya tetap terbangun dan tidak merasa segar. Insomnia dapat mempengaruhi tidak hanya energy dan suasana hati, tetapi juga kesehatan anda, performa kerja dan kualitas hidup.

Kebutuhan tidur bervariasi pada setiap orang. Banyak orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tujuh sampai delapan jam.  Lebih dari satu dari tiga orang dewasa terkadang memiliki insomnia kronis.

GEJALA

Gejala insomnia antara lain:
•    Sulit tidur pada malam hari
•    Terbangun saat malam hari
•    Bangun terlalu awal
•    Tidak merasa segar setelah bangun tidur
•    Lelah atau mengantuk saat siang hari
•    Mudah marah, depresi atau gelisah
•    Sulit memusatkan perhatian
•    Meningkatnya risiko kesalahan dan kecelakaan
•    Sakit kepala
•    Gejala gastrointestinal

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Insomnia paling sering disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti kondisi medis yang menyebabkan nyeri atau penggunaan zat yang mempengaruhi tidur. Penyebab umum insomnia antara lain:
•    Stress
•    Gelisah
•    Depresi
•    Obat tertentu yang menyebabkan masalah tidur
•    Kafein, nikotin dan alkohol
•    Kondisi medis tertentu
•    Perubahan dalam lingkungan sekitar atau jadwal kerja
•    Kebiasaan tidur yang kurang
•    “Belajar” insomnia, seperti menonton atau membaca sampai larut malam
•    Makan terlalu banyak makanan di malam hari


Faktor risiko

Risiko terkena insomnia membesar jika:
•    Wanita dua kali lebih besar kemungkinannya mengalami insomnia. Perubahan hormon saat siklus dan menopause memainkan peran
•    Berusia lebih dari 60 tahun
•    Mengalami gangguan kesehatan mental
•    Mengalami stress
•    Bekerja pada malam hari
•    Mengalami perjalanan jauh




Sumber :  Kompas